Kamis, 17 Juni 2010

10 langkah meningkatkan interpersonal skill

  1. Smile
  2. Be Apresiatif
  3. Pay attention to other
  4. Practice ti active listener
  5. Bring people together
  6. Result conflict
  7. You have to be clear comunicated
  8. You have to have humor to sanse
  9. you have high empati
  10. Dont complend

Rabu, 16 Juni 2010

How to improve my softskills

Sebagian orang mungkin jarang sekali memperhatikan dan melatih bagaimana cara untuk mengembangkan kemampuan softskills. Berikut beberapa cara yang saya lakukan untuk mengembangkan softsklills :

  • Selain kuliah saya juga mempunyai aktifitas lain yaitu menjadi maintenance. Walaupun saya kuliah di fakultas Ilmu Komputer tetapi aktifitas saya sebagai maintenace dilab Manajeman menengah fakultas Ekonomi. Itu membuat saya senang karena bisa bersosialisasi dan menanbah teman dari fakultas yang berbeda. Untuk mengisi waktu liburan 2 bulan nanti, saya mencoba untuk magang disalah satu perusahaan. Semoga bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga.
  • Bertanya kepada teman apa kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Berikut pendapat teman - teman saya :
a. Kekurangan
Terlalu santai kalau mengerjakan sesuatu, waktunya terlalu mepet-mepet, suka kebawa santai sama suasana.
b. Kelebihan
Berbicara tentang kelebihan menurut pendapat teman-teman, saya termasuk tipikal orang yang menyenangkan, ramah karena saya mudah tersenyum, enak diajak bercanda, sederhana, mandiri, pantang menyerah, mudah untuk bersosialisasi, serta tidak memilih-milih teman. Banyak juga yang mengatakan bahwa saya itu baik. Saya hanya berharap mereka menilai saya sebagai pribadi yang utuh bukan karena saya teman mereka.

  • Bagaimana cara mengatur waktu
Dalam hidup kita harus bisa mengatur waktu, karena orang yang sukses adalah orang yang dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Sebagai mahasiswa mengelola waktu belajar bukan berarti kehilangan waktu luang untuk bersenang-senang. Bukan pula berarti bahwa waktu dalam 24 jam per hari harus dihabiskan untuk belajar. Justru sebaliknya. Prinsip utama dari pengelolaan waktu secara efektif adalah pembagian waktu yang efektif untuk kegiatan-kegiatan yang meliputi: waktu untuk belajar, waktu untuk bekerja dan kegiatan sosial maupun waktu bagi diri sendiri untuk bersantai. Sampai sekarang saya masih seringkali terlalu santai dalam mengerjakan sesuatu. Tetapi saya selalu berusaha untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan tidak mengulur-ulur waktu dalm mengerjakan sesuatu.
  • Reaksi kita ketika mendengar kritikan teman
Mungkin terkadang terasa sedikit tersinggung dengan kritikan oranglain. Tetapi saya tipikal orang yang mudah mengelola perasaan itu. Sesungguhnya kritikan orang itu sangat bermanfaat untuk mengoreksi diri untuk bisa menjadi seorang yang lebih baik lagi. Menjadikan kritikan sebagai motivasi yang bisa menjadikan kita kearah positif . Semakin tajam kritikan itu semakin bisa menjadikan kita lebih baik lagi dikemudian hari.
  • Bagaimana kita mengkritik orang lain dengan baik.
Saya kurang memahami karakter orang apakah ia mudah tersinggung apabila dikritik atau tidak. Jadi bila saya memberikan kritikan kepada teman, saya dangat hati-hati untuk mengelola kata-kata yang ingin di sampaikan, yang terpenting adalah pendapat dan saran yang saya sampaikan dapat dicerna dan diterima dengan baik. walaupun mungkin itu bertentangan dengan apa yang ia pikirkan.