Minggu, 28 Februari 2010

Memulai J2ME

MIDlet adalah bagian awal dari sebuah aplikasi J2ME, karena, class yang paling pertama dijalankan dari aplikasi adalah MIDlet.

Sebuah MIDlet mempunyai 3 method yang wajib diimplementasi:

* startApp(): dipanggil system pada saat aplikasi pertama kali dijalankan. Ini adalah main method dari sebuah MIDlet.
* pauseApp(): dipanggil saat aplikasi berada pada posisi pause, eg. telepon masuk. Kita bisa menggunakan ini untuk beberapa hal, misalnya, untuk mempause game kita pada saat telepon masuk.
* destroyApp(): dipanggil saat aplikasi memasuki posisi stop, lalu ke destroy. untuk mengubah aplikasi ke posisi destroy, kita bisa memakai method notifyDestroyed(). However, kapan aplikasi ini masuk ke posisi destroy ditentukan oleh system (usually right away). Think of it as finalize() method di J2SE.


Berikut contoh sebuah MIDlet sederhana:
Code:

import javax.microedition.lcdui.Canvas;
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.lcdui.Graphics;
import javax.microedition.midlet.MIDlet;
import javax.microedition.midlet.MIDletStateChangeException;

public class TestLet extends MIDlet {

public TestLet() {
}

protected void destroyApp(boolean destroy) throws MIDletStateChangeException {
System.out.println("destroy");
}

protected void pauseApp() {
System.out.println("pause");
}

protected void startApp() throws MIDletStateChangeException {
System.out.println("start");
TestCanvas canvas = new TestCanvas();
Display.getDisplay(this).setCurrent(canvas);
}

class TestCanvas extends Canvas {

protected void paint(Graphics g) {
g.drawString("Hello World", getWidth() / 2, getHeight() / 2 - 10,
Graphics.HCENTER | Graphics.BASELINE);
}

}

}

0 komentar:

Posting Komentar