Selasa, 02 Maret 2010

Belajar Mvc

Apa itu Mvc?

Sudah 3 hari ini saya mengikuti pelatihan perancangan Modul tekhnology informasi komunikasi dan selama itu pula saya sering mendengar kata mvc yang sebelumnya saya tidak tahu.
Mvc adalah singkatan dari Model-View-Controller
Sebuah pola yang terbukti membangun proyek secara lebih efektif. Hal itu dilakukan dengan memilah komponen antara Model, View dan Controller pada bagian – bagian dalam proyek.



Diagram di atas menunjukkan 3 komponen yang terdapat dalam pola MVC dan interaksi yang terjadi.

Apa manfaat mvc ??

Berguna untuk memisahkan bagian-bagian dalam aplikasi sehingga mempermudah dalam pengembangannya dan pemeliharaan aplikasi.

Selain itu kode program yang telah ditulis bisa dimanfaatkan lagi untuk aplikasi lain dengan menggubah sebagian saja. Pada dasarnya MVC yakni untuk memisahkan pemroses data yang disebut sebagai Model dan penyaji antarmuka (UI) atau HTML template dalam hal ini disebut View. Sedangkan Controller sebagai pengikat Model — View untuk menangani permintaan pengguna sehingga data ditampilkan dengan benar.

1 komentar:

Nopri mengatakan...

sip pencerahannya mbak? sedikit tapi langsung mengena. jadi yang melatarbelakangi pola MVC apa mbak? apa hanya alasan pemisahan antar kompnen sehingga programmer bisa dengan modah untuk memisahkan bagian tersebut dengan komponen yang laen. sperti busines logic dengan view atau control. atau ada alasan yang laenx? :D

Posting Komentar